ADVOKASI PEMELIHARAAN ELIMINASI MALARIA (SURVEILANS KLB / MASALAH KESEHATAN LAINNYA) DI KAB. MAGELANG TAHUN 2022

Malaria merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang dapat menyebabkan kematian terutama pada kelompok risiko tinggi yaitu bayi, anak balita, ibu hamil. selain itu malaria secara langsung menyebabkan anemia dan dapat menurunkan prduktivitas kerja.

Eliminasi malaria adalah upaya menghentikan penularan malaria di wilayah kabupaten/ kota atau provinsi. Tidak ada penularan malaria bukan berarti tidak ada kasus malaria impor serta sudah tidak ada vektor penular di wilayah kerja tersebut, maka tetap dibutuhkan kegiatan kewaspadaan untuk mencegah penularan kembali. Di wilayah kerja Balkesmas Wilayah Magelang 6 (enam) Kabupaten/Kota sudah mencapai eliminasi malaria atau memasuki tahap pemeliharaan, yaitu Kabupaten Magelang dan Kota Magelang (2014), Kabupaten Kebumen dan Cilacap (2018) serta Kabupaten Purbalingga dan Banyumas (2019). Sedangkan Kabupaten Purworejo belum mencapai eliminasi malaria.

Kabupaten Magelang sudah mencapai eliminasi malaria (masuk tahap pemeliharaan pada tahun 2014). Tetapi pada tahun 2015 terjadi peningkatan malaria indigenous (penularan lokal) di wilayah Kecamatan Salaman dengan jumlah kasus mencapai 161 orang. Mulai Bulan Oktober 2021 kasus indigenous muncul kembali di wilayah Kecamatan Borobudur dan Salaman dengan jumlah kasus sebanyak 44 orang dan pada tahun 2022 masih ditemukan 13 kasus indigenous.

Ditemukannya satu atau lebih penderita malaria indigenous di daerah tahap pemeliharaan dinyatakan sebagai kejadian luar biasa (KLB). Sehingga daerah yang sudah masuk tahap pemeliharaan harus terus memelihara surveilans untuk mencegah munculnya kembali kasus indigenous. Sehubungan dengan hal itu diperlukan komitmen dari Pemerintah Daerah, dukungan regulasi daerah dan pendanaa yang cukup untuk mempertahankan eliminasi malaria, juga penguatan dukungan lintas program dan lintas sektor termasuk swasta serta peningkatan koordinasi lintas batas wilayah antar provinsi dan kabupaten.

Pada tanggal 16 Juni 2022, Balkesmas Wilayah Magelang melaksanakan kegiatan Advokasi Pemeliharaan Eliminasi Malaria (Surveilans KLB / Masalah Kesehatan Lainnya) di Kab. Magelang, dengan narasumber yang berasal dari Setda Kab. Magelang dan Dispermades Kab. Magelang. Dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kab. Magelang serta Lintas Program terkait (DPRD, Kesra Setda, Bappeda, Dispermades, Dinas Pariwisata, Disnakertrans, Diskominfo, Dinas Pendidikan, TP-PKK, IDI, IBI, PPNI, Universitas Muhammadiyah Magelang), Camat, Kepala Puskesmas, dan Kepala Desa.